Selasa, 08 Oktober 2013

TIK dalam Prakarya di Kurikulum 2013






TIK dalam Prakarya di Kurikulum 2013
“When we are no longer able to change a situation – we are challenged to change ourselves.” ~ Viktor E. Frankl

Tahun ajaran baru telah dimulai. Dan mengikuti kebijakan Mendikbud maka pelaksanaan kurikulum 2013 akan mulai diterapkan. Beberapa rekan guru mulai mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum 2013 yang diberikan oleh pemerintah. Mereka yang mengikuti pelatihan ini nantinya diharapkan dapat menularkan ilmu yang mereka peroleh ke rekan guru lainnya.

Mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk jenjang SMP dan SMA yang mulanya masuk ke dalam mata pelajaran wajib dihilangkan, karena menurut mendikbud TIK akan terintegrasi ke semua mata pelajaran. Sejak bergulirnya keputusan ini telah banyak pihak yang menentang, terutama guru-guru yang mengajar mata pelajaran TIK. Jika mata pelajaran ini hilang mereka akan dialihkan kemana dan lain sebagainya.

Saya tidak akan berpanjang membahas itu karena toh keputusan sudah final. Maka sebaiknya kita memberi perhatian pada realita yang ada saja. Apakah itu?
Guru-guru TIK dialihkan untuk mengajar mata pelajaran Prakarya.

Karena kebetulan di sekolah saya tahun ajaran baru ini menggunakan kurikulum 2013, dan pihak sekolah berkesimpulan bahwa TIK tetap diperlukan maka mereka memasukkan TIK ke dalam mata pelajaran Prakarya. Mengenai apa yang ingin diajarkan guru TIK silakan berkreasi sendiri ^-^.

Prakarya TIK bisa macam-macam bentuknya. Misal, kita bisa mengajarkan siswa membuat tempat pensil, bingkai foto, bookmark (penanda buku), dan lain-lain dengan menggunakan bantuan perangkat TIK.
Berikut ini adalah slide presentasi dari karya ketrampilan yang pernah saya sisipkan di dalam buku TIK untuk Sekolah Dasar.

Masalahnya adalah, pada jenjang SMA, saya harus menyesuaikan SKKD di dalam mata pelajaran Prakarya agar sesuai dengan materi TIK yang ingin saya sampaikan kepada murid. Jadi, karena kami (guru TIK di sekolah) tidak ikut pelatihan kurikulum 2013 dan saya juga tidak berhasil mengunduh buku pelajaran Prakarya untuk tingkat SMA (karena memang belum tersedia di laman BSE, yang ada sebagian besar buku untuk jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama) maka, saya terpaksa harus cukup membaca SKKD yang ada di kurikulum 2013. Untuk SKKD bisa dilihat di sini.
Setelah mumet membacanya, maka saya berkesimpulan bahwa untuk mata pelajaran Prakarya barangkali kita diberikan pilihan materi yang ingin diampu. Ada 4 pilihan prakarya yaitu: Ketrampilan, Rekayasa, BudiDaya, dan Pengolahan. Saya memilih Rekayasa agar mudah diaplikasikan ke dalam pembelajaran TIK. Sebagai rancangan awal bisa dilihat disini. Dengan memilih Rekayasa maka SKKD dengan mengintegrasikan TIK ke dalam mata pelajaran Prakarya akan lebih tepat aplikasinya, menurut saya.. hehe.

Nah, tinggal menyiapkan lesson plan. Memang sih di kurikulum 2013 konon guru tidak perlu membuat RPP tapi dengan kondisi di atas tampaknya cukup meragukan. Saya hanya ingin berbagi di sini, karena seperti saya pun, banyak rekan guru TIK yang kebingungan harus mengajar prakarya. Nah, solusi ini barangkali saja bisa membantu rekan-rekan semua. Dan, meniru kalimat dibelakang angkutan publik jaman dahulu kala (wakakakk), sesama guru TIK (dulunya) dilarang saling menghakimi, lebih baik berbagi ide saja agar mata pelajaran baru yang harus kita ampu ini bisa selaras dengan bidang yang 







0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 R- Edu N- ICT . Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase